Kenali Beragam Penyebab Tangan Kesemutan

No Comments

Apakah tangan anda sering mengalami kesemutan dalam jangka waktu yang lama? Meskipun terdengar sepele namun faktanya kesemutan bisa menjadi konsisi medis jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Salah satu penyakit yang timbul dengan kesemutan pada tangan salah satunya adalah penyakit yang merusak saraf atau bahkan diakibatkan oleh cedera dan efek samping dari pengobatan tertentu. Apabila kesemutan yang anda rasakan sifatnya sementara atau hanya berlangsung pada beberapa saat, hal itu diakibatkan karena adanya tekanan pada tangan. Namun jenis kesemutan seperti ini akan berangsur menghilang dan normal kembali. Jika kesemutan yang anda rasakan tak kunjung hilang, maka yang perlu anda cari tahu pertama kali adalah penyebab dari kesemutan tersebut untuk mengobatinya dan menghilangkan gangguan tersebut. Maka dari itu yu kita kenali beberapa kondisi yang menjadi salah satu akibat dari munculnya kesemutan di tangan.

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Carpal Tunnel Syndrome atau sindrom terowongan karpal merupan salah satu penyebab dari kesemutan pada tangan yang cukup kronis. Kondisi ini terjadi ketika saraf mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh iritasi saraf medianus atau tekanan berulang pada tangan. CTS sendiri memiliki ciri-ciri tertentu seperti tangan kesemutan dalam jangka waktu yang cukup lama pada malam hari, sakit pada pergelangan tangan, dan tidak memiliki kekuatan ketika menggenggam barang. Penyebab dari timbulnya kondisi ini adalah adanya trauma akibat suatu perkerjaan berat yang menggunakan tangan dan dilakukan secara terus-menerus. Bagi seseorang yang sering menggunakan pekerjaan tangan seperti mengetik, menulis, atau menenteng barang berat, kondisi ini sangatlah beresiko.

2. Rheumatoid Arthritis
Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu gejala yang apabila didiamkan dan dianggap sepele dapat menimbulkan gejala-gejala CTS. Ciri dari kondisi rheumatoid arthritis ini adalah kesemutan yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang atau rutin pada tangan dan pergelangan tangan. Kesemutan ini biasanya terjadi ketika malam tiba. Ciri-ciri lain yang semakin menunjukan bahwa anda mengalami atau terkena rheumatoid arthritis adalah terasa hangatnya sendi tangan dan jari-jari, sendi yang bentuknya terlihat cacat, serta seringnya merasa kaku dan nyeri ketika bangun tidur dalam kurun waktu satu jam.

3. Diabetes
Kesemutan yang terjadi pada tangan dalam jangka waktu yang lama juga bisa terjadi akibat terganggunya pembuluh darah kecil. Hal ini dikarenakan pembuluh darah yang rusak merupakan pembuluh darah yang memasok saraf pada jari tangan, itulah yang menyebabkan kesemutan, sakit, dan mati rasa pada tangan. Hal ini biasanya terjadi pada penderita diabetes, dimana pada kondisi ini seseorang yang mengalami luka tidak akan merasakan sakit karena tangan yang mati rasa. Seperti yang anda tahu bahwa luka yang terjadi pada penderita diabetes akan sulit atau perlu waktu yang lama untuk sembuh dan bisa berkembang menjadi gangren.

Categories: pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *